Khasiat Jahe Untuk Ibu Hamil dan Anak

Sudah ribuan tahun jahe dikenal sebagai obat ajaib, tak terkecuali bagi ibu hamil dan si kecil. Buat yang sering morning sickness karena hamil muda, di serang rasa mual tiba-tiba, ternyata bisa dilawan dengan minum jahe. Para peneliti dari Woman's and Children's Hospital and Adelaide University, Australia Selatan, menemukan bukti bahwa jahe dapat memperingan penderitaan mual ibu hamil pada trimester pertama. Terutama sekali jahe berkhasiat untuk mengendurkan dan melemaska otot-otot pada saluran pencernaan sehingga rasa mual bisa banyak berkurang.

Bagian yang di olah dari tanaman yang bernama ilmiah Zingiber Officinale ini, adalah batangnya yang tumbuh dalam tanah yang juga di sebut sebagai akar rimpang (rizoma). Batang yang berbonggol-bonggol ini mengandung senyawa kimia dengan komposisi istimewa sehingga bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu senyawa berkhasiat yang terkandung dalam jahe bernama zingibain, yakni senyawa enzim pengurai protein yang dapat membantu proses pencernaan sekaligus membantu tubuh mengusir bakteri serta meningkatkan kerja senyawa antibakteri lainnya seperti antibiotik hingga 50%.
Dari sederet khasiatnya jahe dikenal paling ampuh mengatasi rasa mual pada ibu hamil di trimester pertama, juga rasa mual yang dikarenakan mabuk perjalanan. Oleh bangsa Eropa pada abad pertengahan, jahe dikenal sebagai "Tanaman dari Taman Surga", yang dapat mencegah produksi cairan lambung serta terjadinya luka pada lambung. Sampai sejauh ini belum ada laporan efek samping mengkonsumsi jahe, tentu saja apabila mengkonsumsinya tidak berlebihan.

Hasil penelitian ketika secara rutin mengkonsumsi wedang jahe, di rasakan bisa memperlancar sirkulasi darah dan sistem pencernaan menjadi normal. Juga bisa membantu meringankan rasa panas di ulu hati (heart burn) dan keluhan lain yang muncul selama kehamilan. Khususnya yang disebabkan oleh tekanan janin pada lambung, sehingga mendorong aliran asam lambung naik ke kerongkongan. Sedangkan keluhan berupa nyeri pada bagian belakang tubuh (backache), bisa di atasi dengan minyak jahe yang berasal dari penyulingan (minyak astiri).

Kandungan shoggol pada jahe dapat meredakan batuk pada anak dan dewasa. Jahe juga berkhasiat meredakan batuk rejan, serta batuk biasa yang diderita si kecil ketika terserang flu dan mual-mual. Bila si kecil demam rasa hangat yang di timbulkan oleh senyawa yang terkandung dapat membantu merangsang keluarnya keringat, sehingga panas si kecil dapat segera turun dan kembali normal. Untuk anak berikan jahe bila sudah berumur di atas 2 tahun, karena di saat itu sistem pencernaan anak sudah berkembang optimal.