7 Hal Yang Mendukung Konsep Hidup Sehat


Definisi sehat menurut WHO adalah: “Keadaan harmonis antara fisik, mental, dan sosial, dan bukan karena tidak adanya cacat tubuh”. Agar definisi sehatnya menjadi sempurna maka perlu ditambahkan status sehat secara ‘spiritual’ karena manusia adalah mahluk spiritual ciptaan Tuhan.

Sehat dan sakit adalah dua dunia yang berlainan jika yang satu bertambah maka yang lainnya akan berkurang, jadi tidak ada istilah sakit yang sehat.” Balik lagi ke pemahaman spiritual, Tuhan menciptakan manusia dalam kondisi yang sehat sempurna, tapi karena pelanggaran terhadap hukum-Nya maka hidup sehat itu terkontaminasi, muncullah penyakit yang mendahului kematian manusia.

Faktor penentu kesehatan seseorang adalah: Gaya hidup (51%), lingkungan (20%), keturunan (19%), pelayanan kesehatan (10%). Karena gaya hidup menjadi faktor yang sangat menentukan kesehatan kita, berikut yang seharusnya kita lakukan agar kita bisa memiliki gaya hidup sehat

  1.  NUTRISI

Setiap sel dan jaringan tubuh di bentuk dari makanan. Sesungguhnya kita adalah apa yang kita makan. Sepiring nasi sarapan pagi bisa memberikan tenaga sebelum bekerja.
  • Makan Demi Kesehatan Bisa Saja Enak; Nutrisi yang ideal mengurangi bahaya penyakit dan meningkatkan ketahanan tubuh. Berdasarkan penelitian di Swedia, ketahanan tubuh orang yag makan buah dan sayur-sayuran tiga kali lipat dari pemakan daging
  • Sajikan Menu Sehat; gunakan lebih banyak buah dan sayur-sayuran segar, padi-padian dan kacang-kacangan, gunakan sedikit gula, lemak dan garam. Hindarkan jajan, makanlah pada waktunya. Gunakan lebih banyak serat dan kurangi makanan yang telah diolah.

      2. OLAHRAGA/ GERAK BADAN

Program kesegaran jasmani yang teratur adalah modal dasar utama untuk memperpanjang usia dan meningkatkan kualitas kehidupan.
  • Fitness Dapat Menyenangkan; Patut di ingat, jangan melakukan olahraga karena sebagai kewajiban, lakukan itu karena kita mencintai hidup, dengan merasakan manfaat fitness/ olahraga maka secara otomatis akan menyukai program kesehatan. Aturlah program olahraga sesuai dengan kesenangan atau hobi agar kondisi kesehatan selalu dalam kondisi prima.
  • Apa Hasilnya? Kerja jantung lebih efisien, menguatkan sistem kekebalan. Meningkatkan daya tahan tubuh dan tenaga, meningkatkan otot, tulang dan urat. Meningkatkan kekuatan mental, fungsi paru-paru lebih efisien. Karena hidup itu bergerak, tanpa ada pergerakan berarti mati.  
  • Apa Yang Harus Dilakukan? Pilih program olahraga yang paling digemari, sederhana, aman dan sesuai kebutuhan. Bila masih ragu-ragu bisa menghubungi para ahli. Pilih olahraga yang ada jalan kaki di dalamnya. Jalan cepat sedikitnya 20 menit/ 5 kali seminggu. Perhatikan pengeluaran tenaga yang berlebihan. Belajar menghitung denyut nadi setelah gerak badan. 
                        3.  AIR
  •     Kemampuan Menciptakan Hidup Yang Efisien dan Menyenangkan Berhubungan Dengan Jumlah Air Yang di Minum; pada umumnya manusia kurang banyak minum. Rasa haus bukan ukuran tepat dari kebutuhan tubuh akan air, kebanyakan hewan saat aka kekurangan air sesaat dapat menggantikan dirinya 2/3 dari kebutuhannya, 1/3 kekurangan air di dapat dengan minum air.
  •          Air adalah Obat Terbaik Pencegahan Penyakit; Air mempertahankan tubuh tetap sehat dan awet muda, kekurangan air menyebabkan depresi, mudah tersinggung, gangguan kandung kemih, dehidrasi, penggumpalan darah dan kerusakan pada dinding pembuluh.
  •     Minum Air Bersih Yang Tidak  Berwarna Dan Tidak Berbau; agar tidak ragu periksalah air minum ke laboratorium. Hindari minuman bersoda, cola, dan alcohol. Jangan cemari air minum dengan gula dan kimiawi perangsang. Minumlah demi kesehatan Supertonic.

Apa Yang Harus di lakukan? Awali setiap pagi minum 2 gelas air yang temperaturnya sehangat badan kita, minum 15 menit sebelum dan 1 jam setelah makan untuk hari yang cerah. Di antara makan pagi dan siang, minumlah sedikitnya 2 gelas air. Di antara makan siang dan malam minum 2 gelas air lagi. Mandilah dengan air segar secara teratur. Lebih baik lagi bisa mempelajari air untuk pengobatan sederhana/ hydrotherapy.

              4.    SINAR MATAHARI
  •     Tidak Ada Kehidupan Tanpa Sinar Matahari; manusia bergantung sepenuhnya pada matahari, sinar matahari sumber tenaga tubuh, menciptakan lingkungan yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia.
  •       Matahari Mendatangkan Sukacita; sinar matahari menurunkan denyut nadi, istirahat mengaktifkan otot jantung, meningkatkan efisiensi sehingga curah jantung bertambah. Dan memiliki kecenderungan menormalkan tekanan darah.
  •       Sinar Matahari Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh; meningkatkan kemampuan sel darah merah membawa oksigen, menjadi sel darah putih lebih efisien menghancurkan kuman, menambah jumlah lymphocyte (sel darah putih) sehingga memperkuat system pertahanan tubuh.
  •        Matahari dan Vitamin D; sinar matahari membuat vitamin D dari kolesterol dan sterol tubuh yang tertimbun tepat dibawah kulit. Dengan matahari tumpukan kolesterol dapat digunakan. Mandilah sinar matahari, maka akan menurunkan kolesterol.

Apa yang harus dilakukan? Setiap hari sediakan waktu dibawah sinar matahari (sebelum pukul 9 atau sesudah pukul 3). Biarlah sinar matahari masuk ke dalam rumah. Hindari penyinaran langsung pada tubuh ½ jam sebelum dan sesudah makan, karena tenaga matahari dapat merubah keseimbangan energy dan mengganggu fungsi pencernaan. Hindari terlalu banyak sinar matahari. Jangan gunakan sunscreen (krim pelindung) sebab kebanyakan mengandung PABA yang dapat menghambat sinar yang merugikan. Tetapi sinar juga menguntungkan, sunscreen yang terbaik adalah pakaian. Makanlah makanan rendah lemak, tetapi banyak mengandung banyak vitamin A dan C.

             5.     BERPANTANG
  •          Berpantang Yang Sejati Adalah; menghindari segala sesuatu yang merusak, mempergunakan yang baik dengan tidak berlebihan supaya kita dapat menggunakan potensi yang ada dalam tubuh secara optimal. Kita harus hidup sesuai dengan hokum kesehatan.
  •      Apa Yang Harus Dilakukan? Cegahlah ketergantungan dan hentikan terhadap alcohol perangsang, rokok, nikotin kopi, dan teh thebronin. Minumlah berbagai minum juice buah-buahan

        6.    UDARA

Udara yang kita hirup merupakan faktor penting! Manusia dapat hidup berminggu-minggu tanpa makan, dapat hidup berhari-hari tanpa minum, tetapi akan mati dalam beberapa menit tanpa udara. Memang benar apa yang kita makan dan minum serta mineral, vitamin, hormone, darah, otot, dan jantung semuanya berfungsi menghasilkan listrik dalam tubuh.
  • Terhalang Menghirup Udara Segar Dapat Mengakibatkan; otak akan menderita lebih dulu, seluruh sel dalam tubuh akan mati.
  • Bernapas untuk sehat; paling sedikit 15 kali hirup udara segar setiap menit. Itupun baru 1/3 sampai vi kapasitas paru-paru kita.
  • Kesalahan Bernapas yang Benar di Karenakan; cara bernapas yang dangkal (tidak penuh), postur tubuh yang salah, hambatan fisik, emosional/ stress, acuh tak acuh.
  • Apa yang harus dilakukan? Tarik napas dalam melalui hidung , hidung menyaring, menghangatkan dan melembabkan udara. Tarik napas yag dalam menggunakan otot perut untuk meningkatkan tenaga dan efisiensi. Hindari polusi kotor dari: asap rokokk, asap industry dan debu yang berlebihan. Jadwalkan waktu tertentu, latihlah menarik napas dalam. Seperti bangun pagi, membuka jendela rumah. Lakukan juga untuk test fungsi paru-paru atau spirometri.

           7.    ISTIRAHAT

Keteraturan waktu istirahat meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang usia/ pemulihan kembali tenaga. Juga bisa mempercepat penyembuhan seperti pneumonia, influenza, dan infeksi akut. Istirahat yang cukup juga bisa menselaraskan  tubuh, mengatur keseimbangan aktifitas dan istirahat jantung membuktikan pentingnya aktifitas dan istirahat. Setelah pemompaan jantung, selalu di ikuti dengan istirahat-diastole. Jantung sehat berkontraksi selama 1//10 detik dan sisanya 9/10 detik jantung beristirahat untuk mendapatkan makanan berupa oksigen dan zat lainnya, sesuai siklus istirahat jantung.

Apa yang harus dilakukan? Jadwalkan waktu istirahat yang tetap dan rileks, perhatikan tanda-tanda keletihan anda. Sediakan waktu untuk bersama keluarga dan teman-teman. Ingatlah hari stirahat yang telah ditetapkan oleh Sang Pencipta untuk tubuh kita. Tentukan waktu istirahat 7 – 8 jam setiap malam.