Kembang Cokelat Bisa Mengobati Eilepsi


Di cina Zephyranthes Candida Herb di sebut Gan feng cao, di Indonesia biasa disebut kembang cokelat. Tumbuhan ini termasuk kedalam familia Amaryllidacea, terna kecil berumbi  ini adalah salah satu dari warga suku bakung-bakungan. Asalnya dari Chili dan Brasilia, dengan tinggi berkisar 15-30 cm.

Daun tumbuhan ini panjang dan pipih yang keluar dari bonggol umbi yang berada di dalam tanah, daunnya agak melengkung dan licin. Bunganya mempunyai tangkai tunggal warna putih dan dadu, berbentuk seperti corong menghadap ke atas.

Bijinya berwarna hitam dan pipih, dan umbinya berwarna putih berlendir. Rasanya agak manis, karena mengandung Lycorine, tazettin, haemanthidine, nerinine. Efek farmakologis dari tumbuhan ini sebagai penurun panas. Seluruh bagian tumbuhan bisa di pakai, dan berguna mengatasi gangguan fungsi hati (lever), kejang pada anak, dan ayan (epilepsy).

Cara penggunaannya sangat mudah, untuk mengobati epilepsy rebus 10 gram kembang cokelat ditambah sedikit gula  batu lalu airnya di minum. Untuk mengobati kejang pada anak-anak, rebus 10 -  15 gram daun segar kembang cokelat ditambah sedikit gula batu, lalu airnya di minumkan pada anak.